Tips-tips Desain Minimalis Untuk Rumah Mungil Anda

tips rumah minimalis mungil

Konsep rumah modern identik dengan bentuk minimalis. Biasanya pemilihan konsep rumah disesuaikan dengan karakter pemiliknya, selain mempertimbangkan aspek aman dan nyaman. Konsep minimalis menitikberatkan pada efisiensi, simpel namun tetap memiliki desain modis dan elegan yang menjadi daya tariknya. Dalam artian, walaupun minimalis, tapi akan dibuat sedetail mungkin agar lebih menarik dan bukan hanya sekedar menjadi tempat hunian.

Konsep ini sangat cocok untuk keluarga kecil yang terdiri dari tiga sampai lima anggota keluarga dan menjadi tren di mana lahan perumahan yang terbatas yang memiliki tipe-tipe rumah  kecil. Minimalis seolah menjadi jawaban untuk memiliki rumah yang nyaman namun tetap memiliki desain yang baik.

Jika Anda memilih rumah dengan konsep minimalis, maka itu adalah pilihan yang tepat. Karena selain menarik, konsep ini juga banyak memiliki manfaat seperti tidak memerlukan furniture yang terlalu banyak yang dapat mengurangi alokasi biaya dan hemat dalam penggunaan ruang. Begitu juga dengan perawatannya yang mudah. Dengan ukuran rumah yang kecil, Anda bisa memperbarui ruangan mulai bosan dengan mendesain ulang dan merotasi furniture yang ada di setiap ruangan. Hal ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama karena space ruangan yang kecil.

Berbeda konsep maka berbeda pula cara mendesainnya. Mungkin Anda tidak menyadari, beberapa faktor yang kelihatannya sederhana malah membuat rumah terlihat lebih sempit dan pengap seperti pemilihan warna dan furniture yang salah serta terlalu banyak benda yang diletakkan dimana-mana.

dapur minimalis nan mungil

Anda bisa menyimak beberapa tips berikut untuk mendapatkan konsep minimalis yang bisa diterapkan di rumah mungil Anda:

  1. Konsep dasar rumah minimalis adalah menjadikan ruangan terlihat luas.

Untuk itu Anda harus memilih cat dinding dengan warna terang, seperti warna putih, atau warna-warna soft seperti biru muda. Supaya tidak terlihat terlalu polos, Anda bisa menambahkan wallpaper dengan motif favorit. Jangan sekali-kali memilih warna gelap seperti hitam, karena akan membuat ruangan sempit menjadi terkesan lebih sempit.

  1. Beri warna-warna kejutan.

Warna-warna kejutan akan membuat suatu ruangan menjadi lebih hidup. Misalnya jika dinding ruangan berwarna putih, beri warna kontras seperti jingga, merah, atau ungu pada salah satu furniture atau aksesoris. Hal ini akan langsung mencuri perhatian orang yang berada di ruangan itu.

furniture minimalis untuk rumah mungil

  1. Gunakan aksesoris.

Untuk mempercantik ruang, tambahkan aksesoris sesuai minat Anda. Bisa menggunakan aksesoris dari hasil kreasi sendiri dengan tetap menyesuaikan dengan konsep desain rumah Anda. Namun Anda juga harus membatasi penggunaan aksesoris agar rumah tidak terkesan penuh.

  1. Berikan cermin pada beberapa untuk membuat ruangan terlihat luas.
  2. Jika ruangan terlalu kecil, maka biarkan terbuka atau tanpa sekat agar ruangan tidak terlihat penuh.
  3. Pilihlah furniture yang simple, jangan terlalu banyak ornamen. Lebih baik memilih furniture built in atau multi fungsi, seperti tempat tidur yang atasnya kasur dan bawahnya untuk tempat penyimpanan, atau meja ruang tamu yang bawahnya juga bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan.
  4. Keluarkan barang-barang yang sudah tidak dipakai. Jangan biarkan menumpuk di ruangan utama sepeti ruang tamu, ruang keluarga dan kamar.
  5. Harus ada ventilasi yang cukup untuk mengatur sirkulasi udara dari dalam ruangan Hal ini penting untuk dipikirkan sejak awal mendesain ruangan, karena sebagus apapun desain rumah Anda, jika sirkulasi udara tidak bagus maka akan membuat rumah menjadi pengap dan penyakit mudah datang.

Rumah menjadi hal terpenting ketika Anda memutuskan untuk berkeluarga. Semoga beberapa tips di atas bisa menjadi referensi dan memecahkan solusi Anda dalam mendesain rumah minimalis yang Anda idam-idamkan.